Senin, 07 November 2011

Artikel tentang 'Microsoft Office'

Apa itu Mocrosoft Office ??????????????? 

Microsoft Office adalah sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan
dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Microsoft Windows dan Mac OS X.
Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal adalah Excel, Word, dan

PowerPoint.




Sejarah Singkat MS Office

Sejarah panjang perjalanan Microsoft Office hingga saat ini, banyak perubahan dan
penambahan fasilitas sejak pertama kali diluncurkan tanggal 30 Agustus 1992. Waktu itu
aplikasi perkantoran ini diberi nama Microsoft Office versi 3.0. Pada versi tersebut
Microsoft Office menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel
sebagai pengolah angka, Microsoft PowerPoint digunakan sebagai aplikasi presentasi yang
handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email.
Setelah populer dengan Microsoft Office 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali
meluncurkan Microsoft Office 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi
Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1
dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem
operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows,
Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta
digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan
sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern.
Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan saat ini antara lain
Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002) dan Microsoft Office 2003.
Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Office 2003 masih
belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem
operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali akan meluncurkan
Microsoft Office 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang sebentar lagi akan hadir di
tengah-tengah masyarakat komputer dunia.




Sekilas Tentang Microsoft Office

Pada Aplikasi Microsoft Office terdapat berbagai macam alat pengolah lembar kerja
diantaranya yaitu :
a.      Microsoft Office Word, digunakan untuk pengetikan dan mengolah lembar kerja
menjadi sebuah surat dan berbagai macam bentuk olahan data dengan Ms word ini kita bisa
membuat berbagai macam bentuk surat dinas, surat pribadi, surat proposal dan lainnya.
b.     Microsoft Office Excel, digunakan untuk mengolah data yang berbentuk hitungan atau
keuangan dan berbagai macam bentuk perhitungan yang sifatnya matematis dan ntuk
mempermudah perhitungan, excel dapat menggunakan rumus untuk perhitungannya.
c.      Microsoft Office Power Point, digunakan untuk mengolah data yang sifatnya
berbentuk presentasi dengan menggunakan animasi presentasi kita dapat mengolah berbagai
macam bentuk animasi yang kita inginkan.
d.     Microsoft Office Access, digunakan untuk mengolah atau membuat database pada
perkantoran, bank, instansi negara maupun swasta dan lainnya. Dengan aplikasi ini kita
mudah untuk menyimpannya ketimbang kita harus menyimpannya secara manual.
e.      Microsoft Office Publisher, digunakan untuk membuat atau mendesign sebuah brosur,
surat undangan, kartu nama, ataupun pamflet yang bersifat publikatif.
f.      Microsoft Office Outlook, biasanya digunakan untuk perkantoran. Digunakan untuk
menyimpan data-data client dan sebagainya. 





Pengenalan Microsoft Office untuk pemula :

MEMBUAT WORKSHEET BARU : Klik ikon office di pojok kiri atas excel 2007, pilih NEW,
klik CREATE

    MEMBUKA WORKSHEET BARU : Klik ikon office, pilih OPEN

    PREVIEW WORKSHEET : Klik ikon office, sorot ke PRINT, pilih PRINT PREVIEW

    MENGEPRINT WORKSHEET : Klik ikon office, Pilih PRINT atau bisa tekan ctrl+P

    PRINT CEPAT (QUCKPRINT) : Klik ikon office, sorot ke PRINT, pilih QUICK PRINT

    MEMBATALKAN PERINTAH (UNDO) : Klik ikon kursor melengkung disamping kanan ikon save

(disket)

    MEMUNCULKAN BANTUAN (HELP) : Tekan F1 - lalu ketikkan problem anda lalu enter saja

    MENYIMPAN WORKSHEET : Klik ikon SAVE (gambar disket) disamping kanan ikon office

    MENYIMPAN WORKSHEET DENGAN NAMA YANG BERBEDA : Klik ikon office, Pilih SAVE AS, beri

nama worksheet anda

    MENUTUP WORKSHEET : Klik aja ikon X dipojok kanan atas worksheet anda.


EDITING

    CUT  : Pilih cellnya, klik ikon gambar gunting, atau anda juga bisa klik kanan lalu

pilih CUT

    COPY : Klik icon COPY di toolbar HOME, atau anda bisa klik kanan pada cell yang akan

di copy lalu pilih COPY

    PASTE DATA : Pilih cell tujuan lalu klik ikon PASTE atau tekan ENTER

    KOPI MENGGUNAKAN AUTOFILL : Arahkan mouse di pojok kanan bawah dari border cell -

lalu drag saja sambil menahan mouse kiri

    PINDAH DATA ATAU KOPI DENGAN DRAG & DROP : Tempatkan kursor di border cell, tahan

tombol mouse kiri lalu drag, pindahkan ke cell sesuka anda. Untuk mengkopi, Caranya sama,

tetapi anda harus menahan tombol CTRL

    PASTE SPECIAL : Menu ini digunakan jika anda ingin meng-kopi sebagian saja dari cell,

misalnya border saja - rumusnya saja, angkanya saja - dan lain-Iain. Pilih cell yang anda

inginkan, klik ikon PASTE yang ada di bawah ikon office, drag ke bawah, pilih PASTE

SPECIAL.

    MEMASUKKAN KOLOM ATAU ROW : Pilih saja tempat di mana anda akan menambah kolom, klik

kanan pada cellnya, lalu pilih INSERT.

    MENGHAPUS KOLOM ATAU ROW : Sama seperti cara memasukkan kolom, tapi sekarang anda

piiih DELETE.

    MENAMBAHKAN COMMENT PADA CELL : Pilih cell mana yang anda inginkan, klik menu REVIEW

di ribbon menu atas, lalu pilih ikon NEW COMMENT.


FORMAT

    MEM-FORMAT TEKS : Kiik ikon FONT di sebelah CLIPBOARD di menu HOME, drag panah kecil

dialog box-nya

    FORMAT VALUE : Klik menu grup NUMBERS, drag panah kecil dialog box-nya, lalu buka

FORMAT CELL

    KOPI FORMAT DENGAN FORMAT PAINTER : Format painter adalah untuk meng-kopikan Warna

dan border dari cell yang anda inginkan. Caranya : pilih cell-nya, lalu klik ikon gambar

sapu kecil FORRMAT PAINTER di menu HOME (di bawah copy), lalu kopikan ke cell tujuan

    MERUBAH POSISI TEKS DI DALAM CELL : Jika anda ingin merubah posisi teks menjadi di

tengah, pinggir kanan - kiri, atau vertical - horizontal : pilih cell, lalu pilih menu

ALLIGMENT di bar HOME, tarik panah kecil dialog box-nya.

    MENYESUAIKAN OTOMATIS LEBAR KOLOM : Double klik mouse pada garis border kanan dari

cell atas A, B, C, D.... dan seterusnya yang anda inginkan

    MENAMBAHKAN BORDER PADA CELL : Pilih cell-nya, klik menu BORDER pada grup dialog box

FONT

    MEMBERI WARNA PADA CELL : Pilih cell, klik menu grup FONT, buka dialog box-nya, pilih

FILL

    MERUBAH TEMA DOKUMEN : Klik menu PAGE LAYOUT di ribbon atas (di sebelah INSERT).

Pilih ikon THEMES

    MENAMBAHKAN HEADER/ FOOTER : Klik menu INSERT di deretan RIBBON atas, klik ikon

HEADER & FOOTER

FORMULA

    MENJUMLAH TOTAL CELL RANGE : Klik atau blok saja cell-cell yang anda ingin jumlahkan

total, lalu klik ikon SIGMA (∑) pada menu ribbon HOME

    MEMASUKKAN FORMULA : Pilih saja cel-nya lalu tekan tanda SAMA DENGAN(=) untuk

memasukkan formula/ rumus, lalu tekan ENTER

    MEMASUKKAN FUNGSI (FUNCTION) : Pilih cell-nya, lalu klik menu FORMULA, klik saja ikon

gambar fx (INSERT FUNCTION) pinggir kiri

    MEMBUAT CELL ABSOLUTE : Pilih cell-nya lalu tekan F4

WORKBOOK

    MENAMBAHKAN WORKSHEET BARU : Arahkan saja mouse ke kotak-kotak sheet yang ada di

bawah, lalu klik kanan, pilih INSERT

    MENGHAPUS SHEET : Arahkan mouse ke kotak-kotak sheet di bawah, klik kanan, pilih

DELETE

    MERUBAH DAN MEMBERI NAMA SHEET : Pilih kotak sheet-nya lalu double klik saja

    MEMBEKUKAN PANEL (FREEZE PANES) : Arahkan mouse ke tempat di mana anda akan

membekukannya lalu klik menu VIEW di menu ribbon atas, lalu klik saja ikon FREEZE PANES

MEMILIH AREA PRINT : Pilih area cell yang akan anda print, klik ikon office, pilih PRINT,

lalu pindahkan centang ke seksi selection pada bagian PRINT WHAT

    MENYESUAIKAN MARGIN DAN UKURAN : Pindah ke menu PAGE LAYOUT di menu ribbon atas, klik

dialog box PAGE SETUP, lalu silahkan atur sendiri Worksheet anda.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar